11 Cara Membedakan Jam Tangan Casio Original Beserta Ciri-Cirinya

Setelah kemarin kita membahas tentang Hiace mari sekarang kita membahas tentang merek Casio. Kehadiran jam tangan kini seakan menjadi salah satu hal yang dapat menunjukkan status sosial pemakainya. Tidak jarang, banyak orang rela membeli jam tangan bermerk untuk menunjukkan dimana letak status sosial mereka. Namun karena kepopuleran merk tertentu,  tidak sedikit orang atau oknum yang memanfaatkan keadaan dengan berbuat nakal dan menjual produk-produk tiruan yang jika dilihat sekilas sangatlah mirip dengan produk asli atau original. Misalnya saja seperti jam tangan merk Casio. Jam tangan merk casio sudah sangat banyak tiruannya yang beredar di pasaran. Nah supaya anda tidak tertipu, sebelum membeli ada baiknya anda untuk mengetahui cara membedakan jam tangan Casio original dan yang fake. Lalu bagaimana cara membedakan jam tangan merk Casio yang asli dengan yang palsu? Dan apa saja ciri-cirinya? Berikut beberapa ulasannya untuk anda :

1. Cek Bentuk Fisik Jam

Cara membedakan jam tangan merk Casio original yang paling mudah adalah mengecek bentuk fisik jam. Jam tangan Casio original dibuat dengan bentuk yang sangat rapi. Mulai dari bagian terkecilnya (jarum penunjuk, angka), bagian dial, tangkai pengait sampai bagian belakang semuanya rapi tidak ada cacat ataupun goresan.

Untuk jam tangan Casio original memiliki tulisan CASIO dan nomor seri yang diukir rapi. Cara membedakan jam tangan merk Casio original yang perlu anda ketahui adalah mengecek tulisan CASIO, ada jam tangan tiruan yang menuliskan CASIO menjadi CASIQ huruf “O” digantikan dengan huruf “Q” anda perlu kejelian ketika mengeceknya, karena sekilas tulisan ini akan sangat mirip.

2. Cek Kelengkapan Surat

Setiap pembelian elektronik pasti para pembeli akan diberikan surat-surat pembelian. Seperti, buku manual, kartu garansi, nomor seri dan sebagainya. Sama halnya dengan pembelian jam tangan merk Casio yang asli. Untuk cara membedakan jam tangan Casio original selanjutnya adalah dengan mengecek kelengkapan surat yang biasa di berikan perusahaan Casio.

Jam tangan Casio original akan memberikan anda kartu garansi berwarna biru. Semua  produk keluaran CASIO memiliki nomor seri yang  berbeda-beda, nomor seri ini juga dicantumkan pada kartu garansi, buku manual yang bisa anda peroleh saat membelinya. Cara membedakan jam tangan Casio original lewat nomor seri adalah dengan melacak nomor seri tersebut, melalui website resmi milik Casio. Jika nomor seri tersebut tertera, maka tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

3. Cek Informasi Fitur Yang Ada Pada Produk

Masing-masing produk yang dikeluarkan oleh CASIO pasti memiliki fitur- fitur yang dilengkapi dengan kecanggihan teknologi. Begitu pula dengan Jam Tangan merk Casio. Cara membedakan jam tangan Casio lainnya adalah dengan mencari informasi fitur apa yang ada pada jam tangan yang akan anda beli. Seperti misalnya pada jam tangan Casio original tipe Protex, G-Shock, dan Edificate yang dilengkapi dengan fitur seperti termometer, kompas, chronograph, barometer, dan altimeter.

Jam tangan merk Casio original juga memiliki fitur canggih yang tidak dimiliki oleh jam lainnya. Seperti sensor though solar yang hanya dimiliki pada jam tangan tipe Protex dan G-Shock. Inilah yang membedakan jam tangan Casio original paling nyata.

4. Menekan Tombol Mode Lama

Jam tangan merk Casio original dilengkapi dengan kecanggihan fitur tombol mode lama. Anda bisa mengecek apakah jam tangan Casio original atau tiruan yang dibeli dengan menekan tombol mode lama. Jika anda menekan jam tangan tersebut sehingga muncul tulisan CASIO maka jam tangan itu original. Namun sebaliknya, jika anda menekan jam tangan tersebut dan tidak ada tanda tanda munculnya tulisan Casio, bisa dipastikan itu merupakan jam tangan Casio tiruan (Kw).

Anda tidak perlu mudah tergoda dengan penawaran  harga yang lebih murah dari harga jam tangan merk Casio original yang dipasarkan. Karena bisa jadi jam tangan yang di tawarkan lebih murah tersebut merupakan jam tangan Casio palsu. Berhati-hatilah sebelum anda merasakan kerugiannya.

5. Cek Ke Service Centre Resmi Casio


Jika anda sudah membeli jam dan ragu akan keasliaanya, anda bisa mengeceknya ke Service Centre Resmi Casio. Anda bisa cek di www.ducas.co.id. Jangan hanya mengecek ke toko-toko yang menyediakan jam tangan Casio karena bisa jadi mereka akan mengatakan bahwa jam tersebut palsu karena anda tidak membelinya di tempat tersebut. Namun, tidak semua toko berbohong, ini hanya sebagai antisipasi saja.

6. Dilihat Dari Segi Harga

Jam tangan merk Casio palsu akan sedikit lebih rendah  atau bahkan separuh harga dengan jam tangan Casio original. Harga yang ditawarkan jam tangan merk Casio original memang tinggi, namun sesuai dengan kecanggihan yang diberikan.  Jadi, utamakan kewaspadaan daripada mengutamakan harga yang ditawarkan.

7. Dilihat Dari Segi Penampilan Atau Cashing

Biasanya jam tangan Casio palsu akan menggunakan cashing buatan China atau Jepang. Namun belakangan ini karena banyaknya oknum nakal dalam pembuatan produk tiruan membuat anda akan sulit membedakan cashing dari jam tangan Casio original dan jam tangan Casio palsu. Tetaplah waspada dalam pembelian. Jangan mudah percaya atas promosi atau penawaran yang di berikan.

8. Dilihat Dari Pengaturan Fitur

Adanya sedikit perubahan pengaturan pada fitur Jam Tangan Casio Tiruan. Seperti contohnya pada Jam Tangan Casio Efidence, akan cukup rumit dalam pengelolaan pengaturan fitur. Sedangkan pada jam tangan Casio original terbilang cukup mudah.

9. Tidak Adanya Box Serta Manual Book

Pada jam tangan Casio palsu, anda tidak akan menerima box jam tangan atau ada mendapatkan namun berbeda dari spesifikasi box Jam Tangan Casio yang asli. Dan  semua tipe Casio memiliki manual book yang menggunakan lima bahasa.

10. Cek Ketersediaan Kartu Garansi

Pada jam tangan Casio original, kartu garansi akan disertai dengan stempel toko. Jika saat anda akan membelinya dan pada kartu garansi tidak di sertai stempel toko atau bahkan tidak mendapatkan kartu garansi maka berhati-hatilah atau lebih baik tidak jadi membelinya.

11. Adanya Barcode Label

Setiap jam tangan Casio original memiliki barcode label dan setiap tipe memiliki barcode label yang berbeda-beda. Ada kemungkinan pada Jam Tangan Casio Palsu tidak di sertai barcode label.

Untuk mengantisipasi terjadinya penipuan pembelian elektronik bermerk populer, seperti Casio misalnya, lebih baik anda membelinya langsung dari store resmi Casio. Disana anda tidak perlu khawatir lagi akan keaslian produk yang anda inginkan. Karena pada store resmi casio tidak ada produk tiruan.

Dan jika ada permasalahan kerusakan pada produk, anda akan mendapatkan kartu garansi resmi yang bisa digunakan di semua store resmi casio di seluruh Indonesia.  Tidak hanya Jam Tangan Casio original yang bisa anda peroleh, di store resmi casio juga menyediakan berbagai elektronik buatan Perusahaan Casio sendiri.

Demikian beberapa informasi mengenai cara membedakan jam tangan merk Casio original sekaligus ciri-cirinya. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin membeli jam tangan Casio original. Tetap berhati-hatilah dalam pembelian produk terutama elektronik.