4 Bahan Alami Ini Bisa Digunakan Sebagai Cara Agar Rambut Tidak Kering

Rambut kering tidak hanya terlihat kusam dan lepek saja tetapi juga akan rentan rontok dan ketombean. Rambut lama kelamaan akan semakin kering pada saat batang rambutnya tidak dapat menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga akan menjadi rapuh dan bercabangnya helaian rambut. Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut menjadi kering seperti penyakit, kekurangan gizi, menggunakan produk rambut yang mengandung bahan aktif yang terlalu keras, terlalu sering mencuci rambut, terlalu sering terkena air yang mengandung klorin, atau juga terlalu sering menggunakan peralatan styling rambut yang panas seperti alat catok ataupun pengeriting rambut. Selain itu juga jika sering mewarnai rambut maka kekeringan pada rambut juga akan terjadi. Setelah mengetahui penyebab rambut kering, maka saatnya untuk mencari cara agar rambut tidak kering.

Untuk mengatasi rambut kering ini ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya saja dengan menggunakan bahan bahan alami.  Berikut 4 bahan alami untuk mengatasi rambut kering diantaranya yaitu :

  • Menggunakan Minyak Zaitun

Cara memanfaatkan minyak zaitun ini adalah dengan menuangkan minyak zaitun kedalam cangkir atau mangkuk. Kemudian minyak zaitun tersebut dihangatkan didalam microwave selama beberapa detik. Setelah itu oleskan minyak zaitun tersebut ke kulit kepala dan batang rambut secara menyeluruh sambil dilakukan pemijatan. Kemudian diamkan selama beberapa menit atau semalaman. Lalu bilas rambut hingga bersih dan angin anginkan. Supaya rambut mendapatkan nutrisi yang cukup maka lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

  • Menggunakan Telur

Cara memanfaatkan telur ini adalah mencampurkan 3 butir telur dengan 2 sdm minyak zaitun, dan 1 sdm madu. Setelah semua bahannya tercampur rata, aplikasikan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut yang sebelumnya telah dibasahi dengan sedikit air. Kemudian kepala ditutup dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Lalu rambut dikeramas dengan menggunakan air dingin dan shampoo hingga bersih. Supaya rambut terlihat semakin halus maka lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali.

  • Menggunakan Alpukat

Cara memanfaatkan alpukat ini adalah dengan mengupas 1 buah alpukat matang lalu lumatkan. Kemudian tambahkan minyak zaitun sebanyak 2 sdm, lalu diaduk hingga rata. Setelah itu campuran tersebut dioleskan ke rambut yang sebelumnya telah dicuci bersig. Kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas rambut dengan menggunakan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

  • Menggunakan Lidah Buaya

Cara memanfaatkan lidah buaya ini adalah dengan mencampurkan ½ cangkir gel lidah buaya dengan minyak kelapa sebanyak  2 sdt. Lalu campurkan semua bahan tersebut dan aplikasikan pada bagian rambut secara menyeluruh mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Lalu rambut ditutup dengan menggunakan shower cap dan biarkan hingga semalaman. Dikeesokan paginya, rambut dicuci dengan menggunakan shampoo hingga bersih. Supaya hasilnya dapat kamu lihat dalam waktu 1 hingga 2 bulan, maka lakukan perawatan ini setidaknya seminggu sekali.

Itulah 4 bahan alami untuk mengatasi rambut kering. Selain itu masih banyak bahan alami lain yang bisa digunakan seperti minyak kelapa yang mengandung zat emolien alami yang dapat mengisi celah pada helai rambut kamu yang sudah rusak karena terkena panas ataupun sinar matahari. Penggunaan minyak kelapa ini sangat baik untuk bisa menembus serat rambut dan memberikan nutrisi didalamnya.