4 Cara Menjaga Cat Mobil Agar Tidak Cepat Memudar

Cat mobil merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Semua orang pasti ingin memiliki mobil yang bersih, berkilau dan terawat. Apapun itu jenis mobilnya, dari yang harga rendah hingga yang harga tinggi, jika pemilik mobil tidak merawatnya dengan baik pasti mobil tersebut akan terlihat kumuh, kotor dan warna catnya pun pasti akan mulai memudar.

Untuk mendapatkan warna cat mobil agar tetap bersih dan berkilau tentunya membutuhkan perawatan khusus dan harus memperhatikan potensi yang mampu merusak warna cat mobil kalian. Pada dasarnya untuk merawat cat mobil agar tidak cepat memudar itu sangat mudah, hanya saja kalian belum mengetahuinya dan beranggapan bahwa semua yang kalian lakukan itu benar dan mampu menjaga warna cat mobil kalian. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan agar warna cat mobil tidak cepat pudar:

Baca artikel terkait tentang Bengkel Mobl di semarang

1.Sinar UV

Sinar UV atau sinar matahariyang berlebihan mampu membuat cat mobil cepat sekali memudar. Apalagi buat kalian yang setiap hari parkir mobil di tempat terbuka. Memang saat ini sudah jarang parkir mobil yang teduh dan terhidar dari sinar UV. Namun untuk menghindari itu, sebaiknya kalian gunakan sarung mobil atau penutup pada mobil.

2.Air

air bukanlah hal yang asing lagi buat kita, semua orang pasti akan menggunakan air untuk membersihkan mobilnya. Namun jika setelah kita selesai mencuci mobil dan membiarkan air tersebut mengering dengan sendirinya di permukaan cat mobil, hal tersebut akan membuat cat mobil memudar dan muncul jamur. Sebaiknya kalian segera mungkin membersihkan air tersebut dengan benar. Apalagi buat kalian yang menggunakan mobil dalam kondisi hujan, dan otomatis mobil akan terkena air hujan. Air hujan sebenarya sangat tidak baik untuk perawatan cat mobil dan bisa membuat cat mobil jadi tidak bagus lagi. Segera cuci mobil kalian dengan air bersih dan keringkan dengan benar.

3.Sabun/shampo

Untuk perawatan pada saat mencuci mobil sebaiknya kalian menggunakan sabun/shampu yang khusus untuk mobil karena sudah memiliki kadar yang telah disesuaikan untuk perawatan mobil. Jangan pernah gunakan detergen atau sabun colek untuk mencuci mobil, karena mampu membuat body mobil semakin tipis dan kasar. Mencuci dengan detergen membuat warna mobil menjadi tidak merata dan terlihat tidak bersih.

4.Mencuci mobil secara teratur

Dengan begitu, mencuci mobil dengan teratur juga menjadi salah satu cara dalam perawatan mobil. Tujuan dari mencuci mobil secara teratur adalah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada mobil terlalu lama karena dapat mengurangi kilau cat mobil. Untuk mencuci mobil cukup 1 minggu sekali tidak harus setiap hari. Namun jika saat musim hujan seperti ini, mobil kalian terkena air hujan jangan dibiarkan, langsung saja siram dengan air bersih dan keringkan, atau kalian bisa saja mencucinya.