5 kiat kartu kredit untuk pemula

Sensasi mendapatkan kartu plastik yang memberikan kebebasan finansial tanpa batas adalah sukacita yang dinikmati sebagian besar orang. Namun seiring dengan kebebasan datang tanggung jawab besar mengelola dan menangani kartu dengan cerdas. Kemungkinan penyalahgunaan dan penyalahgunaan cukup tinggi dalam kasus kartu kredit, terutama bagi orang-orang yang pemula dalam mengelola kredit. Remaja yang mendapatkan kartu kredit pertama mereka dari orang tua lebih cenderung menjadi korban iming-iming uang gratis yang sering mengarah ke perangkap utang melalui penggunaan sembarangan. Memanfaatkan fasilitas kartu kredit dengan bijaksana membutuhkan kedewasaan dan pemahaman tentang fungsinya. gestun cengkareng
Tip 1: Anggaran ketat
Ketersediaan kredit yang mudah adalah salah satu alasan paling menggoda untuk membelanjakan berlebihan saat menangani kartu kredit. Pengeluaran sembrono seperti itu bisa mengeja bencana untuk perencanaan keuangan Anda. Orang-orang akhirnya menghabiskan lebih banyak uang yang sebenarnya mereka mampu karena alasan sederhana bahwa mereka tidak diminta untuk membayar di muka. Ini jelas bukan tren yang sehat. Pemula kartu kredit harus membuat anggaran yang ketat untuk diri mereka sendiri dan menaatinya dengan segala cara. Mendaftarkan nomor ponsel Anda dengan perusahaan kartu kredit adalah langkah cerdas yang memungkinkan Anda mengetahui penggunaan aktual dan batas kredit saldo Anda sehingga Anda dapat melacak pengeluaran Anda. Tentukan batas bulanan untuk penggunaan tergantung pada situasi keuangan Anda dan pertahankan. gestun jakarta selatan

Tip 2: Batas kredit
Ketika Anda mendapatkan kartu kredit untuk pertama kalinya perusahaan menetapkan batas kredit tertentu untuk Anda tergantung pada kapasitas pembayaran Anda. Namun, pada waktunya mengingat penggunaan Anda, peningkatan pendapatan dan disiplin pembayaran perusahaan akan menggoda Anda untuk peningkatan batas kredit. Meskipun batas kredit yang lebih tinggi akan memungkinkan Anda untuk membeli barang-barang yang lebih mahal, itu juga dapat menyebabkan Anda mengalami kesulitan utang serius. Dianjurkan untuk tidak menaikkan batas kredit untuk tahun pertama penggunaan sehingga Anda dapat mengatasi tagihan kartu kredit dan memahami implikasinya sepenuhnya. Ketika Anda memutuskan untuk menaikkan batas kredit itu harus sepadan dengan peningkatan gaji tahunan Anda.

Tip 3: Pembayaran penuh
Tagihan kartu kredit menyatakan jumlah yang jatuh tempo, tanggal jatuh tempo dan jumlah minimum yang harus dibayarkan. Konsep keseimbangan minimum adalah salah satu fitur kartu kredit yang paling menyesatkan. Sementara dengan membayar saldo minimum Anda akan dapat melanjutkan dengan fasilitas, itu juga berarti bunga tambahan pada saldo jatuh tempo. Biasanya, kartu kredit dikenakan biaya sekitar 1,5-3 persen per bulan dengan jumlah yang luar biasa, yang merupakan suku bunga yang sangat tinggi. Jadi, jika Anda tidak membayar jumlah penuh jatuh tempo pada saat tagihan untuk bulan berikutnya kemungkinan akan sangat meningkat. Rollover ke bulan depan juga berdampak negatif pada peringkat kredit Anda selanjutnya.

Tip 4: Keamanan kartu
Ada dua aspek penting dari kartu kredit Anda yang perlu dilindungi. Pertama, nomor PIN penarikan uang tunai dan yang kedua nomor CVV. Seseorang tidak boleh mengungkapkan dua nomor ini kepada siapa pun untuk memastikan keamanan kartu. Nomor CVV adalah nomor yang tercetak di sisi belakang kartu. Langkah-langkah keamanan lainnya termasuk memastikan bahwa tidak ada skimming ketika Anda memberikan kartu kepada penjual di belakang meja ketika membeli barang. Selain itu, saat menggunakan kartu melalui internet, seseorang harus menggunakan hanya situs yang sah dan tepercaya. Prosedur yang benar adalah metode dua langkah yang biasanya diikuti oleh sebagian besar kartu (seperti Master Card atau Visa), yang memerlukan konfirmasi seperti diverifikasi oleh kata sandi Visa yang dikirim kepada Anda sekali. Pastikan bahwa gateway pembayaran Anda meminta kata sandi ini saat bertransaksi di internet.

Tip 5: Uang muka tunai
Ini adalah salah satu fasilitas kartu kredit yang seharusnya hanya digunakan sebagai upaya terakhir dan bukan sebagai fitur biasa. Suku bunga yang berlaku pada uang muka tunai adalah yang tertinggi sebesar sekitar 30 persen per tahun dalam banyak kasus. Bunga ini dihitung sejak saat Anda mengambil uang itu dan terus diperparah sampai saat itu seluruh jumlah dihapus. Setiap slip dalam pembayaran akan menyebabkan pembayaran bunga yang sangat besar. Meskipun fasilitas ini merupakan ukuran siaga untuk uang darurat, penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati. Kartu debit jauh lebih disukai untuk mengambil uang ketika Anda membutuhkannya karena itu adalah uang Anda dan tidak menarik minat pada penarikan.