Mengenal Beberapa Macam Alat Sterilisasi Kesehatan

Ada satu prosedur yang harus dilakukan di lingkungan medis, khususnya untuk rumah sakit dan klinik, yaitu sterilisasi. Apa itu sterilisasi ? Secara umum, sterilisasi adalah satu tindakan yang bertujuan untuk menghilangkan mikroorganisme patogen yang menempel pada benda atau alat dengan menggunakan metode tertentu.

Proses sterilisasi di lingkungan rumah sakit dilakukan pada peralatan medis seperti alat bedah, alat – alat kedokteran gigi, alat kebidanan dan juga peralatan lain yang digunakan secara bergantian dari pasien satu ke pasien lainnya.

Sterilisasi alat – alat kesehatan tersebut dilakukan dengan beberapa metode. Masing – masing metode membutuhkan peralatan tersendiri dalam proses sterilisasinya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa macam alat sterilisasi yang digunakan di rumah sakit atau klinik.

1. Autoclave

Autoclave terkadang disebut dengan otoklaf, yaitu sebuah alat sterilisasi yang bekerja dengan memanfaatkan uap panas. Jadi bentuknya seperti panci untuk menanak nasi. Lengkap dengan sarangan. Di dalamnya terdapat heater untuk memanaskan air. Sterilisasi yang dilakukan dengan menggunakan alat Autoclave, disebut metode sterilisasi uap atau metode sterilisasi basah.

2. Dry Heat Sterilizer

Alat sterilisasi berikutnya yaitu Drya Heat Sterilizer atau yang sering kita sebut dengan istilah sterilisator kering. Alat ini digunakan untuk mensterilkan peralatan – peralatan yang terbuat dari logam. Di sisi lain, sterilisator kering versi dua pintu, dapat digunakan untuk desinfeksi seperti botol susu bayi dan peralatan lainnya yang perlu disterilkan dengan cara desinfeksi penyinaran.

3. Lampu UV Sterilizer

Tidak hanya berfungsi untuk mensterilkan air dalam industri air minum kemasan saja, ternyata lampu UV dapat juga digunakan untuk mensterilkan ruangan. Di rumah sakit atau klinik terdapat beberapa ruang yang perlu dijaga kesterilannya seperti ruang NICU, ruang Operasi, ruang isolasi dan ruang lainnya yang dianggap perlu dijaga kesterilannya.

Tiga alat tersebut biasanya kita jumpai di rumah sakit atau klinik. Entah salah satu atau ketiga – tiganya. Hal ini menjadi syarat beroperasinya sebuah rumah sakit. Bisa jadi di negara lain terdapat beberapa alat sterilisasi lain yang digunakan dalam proses sterilisasi.. Sekian, semoga bermanfaat !