Apa Bedanya SEO Off Page dan SEO On Page?

Pernahkah anda mendengar apa perbedaan SEO On Page dan Off Page? SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah langkah atau sistem yang ditunaikan untuk membuat sebuah web site web site jadi populer dan terkenal. Dengan SEO, sebuah web site web site bisa nampak di peringkat paling atas mesin pencari. Namun, sehingga bisa nampak di peringkat paling atas, kata kunci yang digunakan pun wajib pas sehingga audiensnya terhitung sesuai target. Penerapan SEO ini pun tidak semudah kelihatannya. Bahkan andaikata ditilik lebih jauh, sistem SEO bisa ditunaikan dengan dua langkah yakni On Page dan Off Page. Apa perbedaan SEO On Page dan Off Page? Simak di bawah ini, yuk!

SEO On Page

SEO On Page adalah sistem SEO yang ditunaikan hanya di bagian internal web site web site anda saja. Jadi, dalam sistem On Page ini, anda terlalu memaksimalkan sistem SEO hanya di bagian dalam web site web site saja tanpa melibatkan pihak luar. SEO On Page jadi keliru satu faktor terbesar untuk penentuan ranking web site web site kamu. Jika SEO Off Page anda bagus namun tidak didukung oleh On Page yang baik pula, maka seluruh bisnis dapat sia-sia.

SEO On Page sendiri memang terdiri dari banyak bagian, yakni:

  1. Title Tags/Meta Tags
  2. Heading (H1), (H2), (H3), dst
  3. Struktur URL
  4. Alt Text Gambar
  5. Kecepatan Loading Page
  6. Konten Situs Web
  7. Internal Link

Keyword yang sudah tersedia dan sesuai dengan tema web site web site anda nantinya bisa diletakkan pada bagian-bagian di atas. Namun, bukan berarti anda bisa spamming kata kunci pada tiap-tiap bagian, ya. Semua kata kunci wajib disisipkan se natural kemungkinan sehingga tidak terkesan dipaksakan. Software yang mengindeks web site web site untuk peringkat mesin pencari bisa jelas lho jikalau anda terlalu memaksakan penggunaan kata kunci pada sebuah halaman web site web.

SEO Off Page

Lain ulang dengan SEO Off Page. Proses SEO yang satu ini ditunaikan terlalu di luar bagian web site web site atau eksternal. Salah satu umpama sistem SEO Off Page adalah dengan tempatkan link web site web site kita di web site web site lain atau istilahnya backlink. Dengan terdapatnya backlink ini, dikehendaki pengguna dari beraneka web site web site lain bisa singgah ke web site web site kita.

Off page SEO ini seringkali dibutuhkan oleh para pemilik toko online. Karena untuk mengoptimasi toko online lebih banyak menggunakan teknik off page SEO, anda juga dapat menggunakan jasa pembuatan toko online agar on page SEO situsnya telah terjamin.

Ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk laksanakan SEO Off Page:

  1. Akun Sosial Media
  2. Forum
  3. Situs Social Bookmarking
  4. E-mail MarketingBlogwalking (meninggalkan link web site web site di kolom-kolom komentar)
  5. Penulisan Artikel

SEO Off Page pada dasarnya adalah sistem membagi atau menyebarkan Info lebih banyak pada audiens yang lebih luas berkenaan web site web site kita. Biasanya sistem ini ditunaikan secara manual.

Manakah yang Lebih Penting?

Baik SEO On Page dan Off Page sama-sama wajib ditunaikan dengan seimbang. Seperti yang sudah disebut di atas, andaikata SEO Off Page terjadi dengan lancar namun tidak dengan SEO On Page, maka seluruh dapat sia-sia. Begitu terhitung sebaliknya. Sebagai langkah awal, buat dulu web site web site anda berkualitas dan user-friendly. Setelah itu, barulah laksanakan sistem optimasi Off Page untuk menarik lebih banyak pengunjung. Namun apabila anda tidak ingin dipusingkan dengan off page SEO, anda dapat menggunakan jasa SEO dari Top SEO.