Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Beserta Keutamaannya

Bacaan Istighfar atau doa sayyidul istighfar bagi manusia bagai hujan pada musim kemarau. Kering satu tahun mampu kita basahi hanya dengan satu hari hujan saja. Bahkan dari kedudukan Istighfar ini melebihi hujan pada musim kemarau itu

Sebagai manusia kita juga  mengakui akan fitrahnya tersebut, sudah seharusnya kita semua ini selalu mewajibkan diri untuk membaca istighfar atau sayyidul istighfar. Minimal setiap hari yang paling terpenting di hari jumat berkah kita ucapkan karena memang sudah menjadi tabiat manusia berbuat salah, lupa dan kerusakan.

Allah SWT  maha pengampun untuk hambanya yang mau mengakui kesalahannya tersebut.. Namun, seringkali setiap manusia itu lupa, sombong dan bersikap arogan dengan menganggap bahwa dirinya itu merasa benar dan tidak memiliki salah dari apa yang dilakukannya

Padahal manusia yang  terbaik yaitu Nabi Muhammad SAW setiap waktu selalu memohon ampunan kepada Allah SWT. Nah, apalagi kita yang hanya manusia biasa saja.

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

Dzikir sayyidul istighfar telah disebutkan dalam hadis dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu, di mana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya Sayidul Istighfâr (pemimpin istighfar) adalah seseorang hamba mengucapkan,

Untuk itu dibawah ini adalah bacaan Sayyidul Istighfar yang benar, antara lain sebagai berikut

sayyidul istagfirullah

“ALLAHUMMA ANTA RABBII LÂ ILÂHA ILLÂ ANTA KHALAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHA’TU A’ÛDZU BIKA MIN SYARRI MÂ SHANA’TU ABÛ`U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA WA ABÛ`U BIDZANBII FAGHFIRLÎ FA INNAHU LÂ YAGHFIRU ADZ DZUNÛBA ILLÂ ANTA”

“Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau”

Nabi Muhammad SAW telah bersabda, yang isinya menyebutkan keutamaan dari sayyidul istighfar,

“Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga. (Muttafaq alaih).

Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih. http://angalul.com