BAGAIMANA SIH CARA MEMILIH JURUSAN YANG TEPAT SAAT KULIAH?

Jadi, Anda telah menerima tawaran Anda … sekarang saatnya memilih mata pelajaran Anda. Kami tahu bahwa memilih mata pelajaran bisa sedikit rumit, jadi kami ada di sini untuk membantu. Sebaiknya Anda menghadiri saran akademik atau sesi pendaftaran yang ditawarkan di institusi Anda, karena ini akan memberi Anda informasi terperinci tentang kursus khusus Anda. Untuk memulainya, baca terus untuk tips teratas kami.

  1. Konsultasikan panduan mata kuliahmu

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih mata pelajaran adalah panduan kursus atau buku pegangan Anda. Ini akan memberi tahu Anda mata pelajaran mana yang perlu Anda selesaikan sebagai bagian dari gelar Anda (mata pelajaran wajib atau inti) dan mata pelajaran mana yang Anda bebas pilih sendiri (pilihan). Setiap kursus mengharuskan Anda untuk menyelesaikan sejumlah unit per periode studi tergantung pada mode studi Anda (misalnya, kursus penuh waktu biasanya terdiri dari empat mata pelajaran setiap semester). Beberapa program mungkin terdiri dari mata pelajaran utama, dengan sedikit pilihan dalam pemilihan mata pelajaran, sementara yang lain lebih fleksibel dan memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi minat Anda dan memilih mata pelajaran pilihan. Yang terakhir ini umum dalam derajat generalis seperti seni, bisnis dan sains. Misalnya, dalam gelar seni Anda mungkin fokus pada bidang seperti jurnalisme tetapi juga unit studi yang beragam seperti kriminologi, sejarah, antropologi dan linguistik. Dalam jenis-jenis gelar ini, Anda biasanya dapat memilih jurusan atau minor dalam tahun-tahun studi berikutnya. Di bidang yang sangat diatur, seperti teknik, mata pelajaran inti diselesaikan untuk memenuhi persyaratan akreditasi industri dan pemerintah. Ini berarti bahwa pilihan subjek mungkin terbatas.

  1. Jelajahi daerah perminatanmu

Tergantung pada struktur program Anda, Anda biasanya dapat mencapai ini melalui pilihan. Pilihan datang dalam dua bentuk: beberapa pilihan dipilih dari daftar tertentu yang relevan dengan program studi Anda; yang lain dapat dipilih dari beragam mata pelajaran yang ditawarkan lintas fakultas atau sekolah yang berbeda. Dalam beberapa kursus, pilihan mata pelajaran Anda dapat mengarah ke minor atau utama tertentu. Beberapa institusi mengharuskan Anda untuk memilih sejumlah mata pelajaran di luar bidang studi pilihan Anda (kadang-kadang dikenal sebagai mata pelajaran luas) untuk mendorong Anda memperluas wawasan akademik Anda. Hal ini khususnya umum di universitas yang telah memperkenalkan model Bologna gaya AS, di mana siswa menyelesaikan gelar sarjana generalis dan menggunakan studi pascasarjana untuk mengejar bidang spesialis atau memenuhi syarat untuk praktik profesional. Anda mungkin menemukan seorang siswa sains yang mempelajari penulisan kreatif, seorang siswa seni yang mengambil kursus kimia atau bahkan seorang mahasiswa teknik yang mempelajari drum Afrika! Ini adalah cara terbaik untuk keluar dari zona nyaman Anda dan bahkan mungkin membantu Anda menemukan ceruk pasar.

  1. Pikirkan juga persyaratannya

Beberapa mata pelajaran tidak dapat diambil tanpa menyelesaikan mata pelajaran lain terlebih dahulu. Ini dikenal sebagai prasyarat dan akan berperan dalam mata pelajaran yang dapat Anda pilih. Ini mungkin tidak berlaku di semester pertama Anda, meskipun beberapa koordinator kursus mungkin lebih suka siswa untuk mempelajari bidang tertentu di sekolah. Untungnya, Anda akan memiliki berbagai mata pelajaran pendahuluan yang Anda inginkan sebagai siswa tahun pertama – jika Anda memiliki mata pelajaran tertentu untuk semester kedua, Anda dapat memilih untuk menyelesaikan unit pengantar di semester satu. Penting untuk melihat subjek yang ingin Anda selesaikan di masa depan untuk melihat apakah mereka memiliki prasyarat, bahkan jika ini berarti melihat ke depan beberapa semester. Jika Anda ingin mengambil jurusan di bidang tertentu, Anda harus menyelesaikan semua mata pelajaran yang diperlukan. Jangan takut untuk menghubungi penasihat kursus jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.

  1. Pilihlah jurusan dengan alasan yang tepat

Penting bagi Anda untuk memilih subjek dengan alasan yang benar – jangan abaikan subjek impian Anda hanya karena ada kuliah pagi atau pilih subjek yang Anda tahu akan Anda benci hanya karena Anda pernah mendengarnya mudah untuk lulus. Pilih mata pelajaran yang akan mempertahankan minat Anda dan membuat Anda tetap termotivasi, atau yang menawarkan keterampilan berharga yang akan membantu Anda dengan jalur karier yang Anda inginkan. Terakhir, teliti pilihan Anda dengan cermat, karena nama subjek mungkin tidak selalu memberikan deskripsi akurat tentang apa yang akan Anda pelajari di kelas!

 

Untuk informasi terkait, silahkan baca beasiswa kuliah S2 dalam negeri.