Ini Dia 4 Cara Cepat Hamil Setelah Haid yang Tidak Teratur

cara cepat hamil setelah haid yang tidak teratur

Kalau bunda memiliki haid tidak teratur, maka supaya bisa cepat punya buah hati bunda perlu tahu cara cepat hamil setelah haid yang tidak teratur.

Kehamilan terjadi jika pembuahan berhasil terjadi, dan berhasil tidaknya pembuahan terjadi sangat ditentukan dari hubungan intim yang dilakukan.

Supaya hubungan intim yang dilakukan bisa membuahkan kehamilan, maka hubungan intim harus dilakukan pada masa subur.

Nah masa subur inilah yang kadang sulit diketahui kapan datangnya, karena bergantung pada siklus haid setiap wanita.

Karena itu, di sini dibahas 4 hal yang harus dilakukan untuk Bunda yang siklus haid nya tidak teratur supaya bisa segera hamil.

Ketahui masa subur

Untuk tahu masa subur ketika siklus haid tidak teratur caranya seperti berikut ini:

Catat siklus haid bunda selama 6 bulan berturut-turut, kemudian lihat siklus haid terpendek dan terpanjang nya.

Setelah itu, kurangi siklus haid terpendek dengan 18, maka hasilnya adalah hari pertama di mana Bunda sedang dalam keadaan paling subur.

Kemudian kurangi siklus haid terpanjang dengan 11, hasilnya adalah hari terakhir di mana Bunda dalam keadaan subur.

Misal siklus haid bunda selama 6 bulan berturut-turut adalah 28, 26, 31, 29, 27 dan 28.

Maka hari pertama Bunda dalam keadaan subur adalah pada tanggal 26 – 18 = 8; dan

Hari terakhir Bunda dalam keadaan subur yaitu pada tanggal: 31 – 11 = 20.

Jadi Bunda mulai subur pada hari ke-8 dihitung dari hari pertama haid terakhir sampai pada hari ke-20 juga dihitung dari hari pertama haid terakhir.

Konsumsi asam folat

Asam folat memiliki manfaat luar biasa untuk setiap pasangan yang memiliki rencana untuk punya momongan atau yang sedang menjalankan promil untuk siklus haid tidak teratur.

Karena itu tips kedua cara cepat hamil setelah haid yang tidak teratur yang mesti bunda lakukan adalah konsumsi makanan yang mengandung asam folat secara rutin.

Asam folat dapat mencegah sperma dari mengalami kerusakan dan meningkatkan jumlah sperma.

Untuk wanita asam folat dapat meningkatkan kemampuan ovum (sel telur) untuk melakukan ovulasi sehingga pembuahan bisa berjalan dengan baik.

Makanan yang mengandung asam folat diantaranya adalah: alpukat, jeruk, pisang, pepaya, kacang hijau, stroberi, tauge, asparagus, bayam, brokoli, selada dan sebagainya.

Daftar lengkapnya silahkan lihat disini.

Hindari kegemukan

Berat badan punya peranan amat penting dalam berhasil tidaknya pasangan suami istri mengusahakan kehamilan setelah haid.

Berat badan terlalu gemuk (Indeks Massa Tubuh > 25) akan membuat banyak lemak tertimbun di dalam tubuh yang menyebabkan hormon estrogen jadi terganggu kerjanya.

Padahal kita tahu bawah hormon ini memiliki peranan amat penting dalam mengatur proses-proses penting reproduksi, seperti siklus haid juga ovulasi.

Kalau ovulasi terganggu, maka pembuahan sulit terjadi, akibatnya bunda jadi susah hamil.

Karena itu jagalah berat badan bunda jangan sampai kegemukan.

Hindari STRES

Dalam banyak panduan tentang cara cepat hamil setelah haid selesai telah disebutkan, bahwa stres bisa menjadi penghalang Bunda dalam mendapatkan momongan.

Alasannya adalah karena saat stres emosi Bunda jadi tidak stabil, efeknya adalah hormon estrogen dan progesteron jadi terganggu.

Akibat dari hal ini yaitu siklus haid jadi tidak teratur dan ovulasi sel telur terganggu sehingga menyebabkan pembuahan tidak bisa terjadi.

Jadi mulai saat ini sebaiknya Bunda menghindari stres, karena jadi sia-sia semua usaha Bunda menjalankan tips cepat hamil yang lainnya kalau bunda stres.

Itulah 4 tips cara cepat hamil setelah haid yang tidak teratur yang bunda perlu praktekkan sehingga bisa mendapatkan buah hati segera.