Cara Mengemudi Mobil Manual dengan Benar

Bisa mengendarai mobil adalah salah satu hal yang diinginkan oleh banyak orang. Ada banyak pekerjaan yang salah satu kualifikasinya adalah bisa mengendarai mobil. Karena itulah banyak lembaga kursus untuk menyetir mobil. Namun, ada juga cara-cara tertentu yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Berikut ini adalah langkah-langkah dan cara mengemudi mobil.

Belajar Mengemudi Mobil Manual

cara mengemudi mobil

  1. Memastikan kondisi mobil

Karena konteksnya Anda sedang belajar, maka pastikan untuk memulai menyetir di jalanan yang rata. Sesudah memposisikan mobil di tempat yang rata, Anda harus memasang sabuk pengaman. Sabuk pengaman adalah salah satu hal dasar yang harus dilakukan oleh pengemudi maupun penumpang. Setelah memasang sabuk pengaman, posisikan kaca-kaca spion. Bukalah kaca di bagian samping agar Anda bisa mendengarkan suara mesin dengan jelas. Anda juga harus bisa memperkirakan kapan bisa mulai memasukkan gigi, jika Anda menggunakan mobil yang manual.

  1. Mengatur tempat duduk

Aturlah posisi duduk sesuai tingkat kenyamanan. Karena baru belajar, maka kenyamanan saat berkendara itu penting. Posisi tempat duduk yang nyaman juga sangat mempengaruhi tingkat keakuratan dalam menginjak rem, menginjak gas dan juga menginjak kopling. Pastikan bahwa kaki Anda bisa menginjak semua pedal dengan penuh.

  1. Mengenali bagian-bagian mobil

Selain setir, Anda juga harus mengenali bagian-bagian lainnya. Ada tiga pedal yang harus Anda ketahui. Setelah pedal, Anda juga harus belajar tentang bagian-bagian lainnya. Tentunya jika seseorang memiliki pengetahuan yang cukup tentang mobil maupun bagian-bagiannya maka bisa dengan mudah mengaplikasikannya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa dengan mudah memperbaiki bagian tersebut apabila ada kerusakan ringan.

  1. Menguasai kopling

Jika yang Anda pelajari adalah mobil manual, maka Anda harus tahu perbedaan antara satu kopling dengan kopling lainnya. Anda juga harus tahu kapan menggunakan kopling. Kopling adalah salah satu pedal yang berfungsi untuk memutuskan putaran mesin dan juga putaran roda yang masih berkaitan. Tidak hanya itu, kopling juga berfungsi untuk menambah dan mengurangi gigi yang akan digunakan. Jika ingin mengganti gigi, maka Anda harus menginjak pedal kopling.

  1. Menghidupkan mesin

Cara untuk menghidupkan mesin mobil tidak terlalu susah, cukup dengan menstater mesin mobil dan menginjak pedal kopling secara penuh. Setelah mobil menyala dengan sempurna, maka Anda bisa mulai melepas pedal kopling secara perlahan-lahan. Pastikan juga tuas transmisi masih ada dalam posisi N atau posisi netral.

  1. Menjalankan mobil

Anda harus bisa belajar untuk menyeimbangkan semua pedal yang ada. Saat sudah mulai menjalankan mobil, maka Anda bisa menurunkan tekanan pada pedal kopling dan mulai menginjak pedal gas. Asalkan semua pedal berjalan dengan seimbang, maka dijamin perjalanan Anda akan mulus tanpa hambatan. Jangan lupa untuk mengganti gigi saat diperlukan dan ingat juga cara untuk mengganti gigi dari kopling dengan baik dan benar.

Itu dia cara untuk mengendarai mobil manual dengan baik dan benar. Tidak ada yang tidak mungkin jika mau berusaha. Anda juga bisa belajar sendiri, tidak perlu pergi ke tempat kursus. Saat berlatih, akan lebih baik apabila Anda mengajak orang yang sudah bisa mengendarai mobil. Tujuannya adalah mengajari Anda saat kebingungan. Saat ada hambatan juga diharapkan ada orang yang membantu. Jangan lelah untuk belajar, karena sekalinya bisa, ilmu tersebut akan bisa diaplikasikan seumur hidup. Namun jika Anda lebih suka belajar dengan orang lain, maka tidak ada salahnya juga untuk mengikuti kursus. Semangat untuk belajar mengendarai mobil ya.