Cara Mudah Hitung Payroll Karyawan Tidak Tetap

Payroll merupakan sebuah sistem administrasi penggajian perusahaan yang mempunyai karyawan. Sistem payroll ini adalah sarana yang memudahkan pekerjaan rutin staf HRD pada setiap bulannya dalam menghitung jumlah gaji yang harus dibayarkan kepada karyawan yang dihitung berdasarkan gaji pokok, tunjangan transport, uang makan maupun uang lembur.

Menghitung gaji secara manual tentu akan sangat menghabiskan banyak waktu, terutama jika Anda memiliki banyak sekali karyawan. Ada perbedaan untuk menghitung gaji karyawan tetap dan karyawan tidak tetap.

Menghitung gaji karyawan tetap dan karyawan tidak tetap tentu berbeda. Anda harus memperhitungkan masa kerja, jabatan dan apakah karyawan tersebut termasuk jenis karyawan tetap atau karyawan lepas.

Cara Mudah Hitung Payroll Karyawan Tidak Tetap

Cara Mudah Hitung Payroll Karyawan Tidak Tetap

Karyawan tetap yaitu pegawai yang menerima penghasilan dalam jumlah tertentu secara teratur dan terus menerus dan ikut mengelola kegiatan yang ada dalam perusahaan secara langsung. Sedangkan karyawan lepas yaitu pegawai yang menerima penghasilan hanya jika pegawai tersebut bekerja atau penyelesaian suatu pekerjaan yang bersifat hanya sementara

Perbedaan antara karyawan tetap dan karyawan lepas  tidak hanya dilihat dari besarnya penerimaan gaji, namun juga dari cara menghitung besaran penghasilan yang didapat tersebut. Berikut ini merupakan sistem payroll gaji yang berlaku di Indonesia.

Sistem Payroll Gaji di Indonesia

Hal pertama yang harus dipahami ketika menentukan besaran gaji karyawan yaitu dengan mengetahui  begitu hak-hak apa sajakah yang harus karyawan Anda terima. Misalnya bekerja dengan tidak lebih dari delapan jam dalam sehari dan mendapat gaji sesuai dengan upah minimum regional yang berbeda pada setiap provinsi, kabupaten maupun sektor.

Selain itu, pegawai juga berhak menerima cuti, baik itu cuti sakit, cuti hamil maupun cuti melahirkan serta izin pribadi sesuai aturan yang berlaku. Karyawan berhak menerima insentif sesuai dengan performa selama mereka bekerja di perusahaan tersebut. Upah insentif ini berbeda dengan THR yang juga wajib Anda bayarkan kepada karyawan.

Cara Menghitung Gaji Untuk Karyawan Tetap dan Karyawan Tidak Tetap

Berikut ini cara menghitung yang bisa Anda aplikasikan untuk gaji karyawan tetap maupun karyawan tidak tetap. Cara ini berlaku baik untuk karyawan tidak tetap yang dibayar bulanan maupun harian. Sistem Payrolluntuk karyawan tetap dan karyawan tidak tetap ini memang cukup rumit dan membutuhkan waktu cukup panjang agar perhitungannya tepat.

Pelajari mengenai deadline penting. Tentukan kapan Anda harus memberikan gaji kepada para karyawan. Pastikan Anda untuk selalu mematuhi seluruh ketentuan dalam penggajian karyawan. Anda harus bisa menghitung absensi karyawan dan payroll gaji secara akurat dengan fitur input data penghasilan, netto dan total pajak yang harus dibayarkan oleh setiap karyawan.

Gaji tidak tetap pada karyawan tergantung dari jumlah hari dan pekerjaan apa saja yang telah dilakukan. Untuk gaji setiap harinya tergantung dari kebijakan perusahaan. Karena masing-masing perusahaan memiliki ketentuan gaji yang berbeda-beda.

Untuk mempermudah dalam menghitung Payroll karyawan tidak tetap tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi yang mudah diakses dan digunakan yaitu paper id. Pada aplikasi ini menyediakan berbagai fasilitas yang akan membuat Anda lebih mudah dalam pengelolaan gaji karyawan.