Fakta Unik Dari Perkembangan Bayi 3 Bulan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa bayi itu merupakan makhluk paling imut dan paling lucu di dunia. Dan seperti yang kita ketahui juga, bahwa bayi akan mengalami perkembangan pada setiap usianya. Ya, terutama saat memasuki usianya yang ke 3 bulan, dimana usia tersebut bayi sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Nah, berbicara soal bayi 3 bulan, berikut di bawah ini ada fakta unik dari perkembangan bayi 3 bulan yang harus kalian ketahui :

  1. Ukuran Fisik Pada Bayi 3 Bulan

Di usianya yang ke 3 bulan, si kecil akan terus mengalami perkembangan yang berupa bertambahnya berat badan dan ukuran panjang tubuhnya. Pada umumnya, bayi laki-laki yang berusia 3 bulan memiliki berat badan sekitar 5, 7, dan 9 kg, dengan panjang tubuhnya yang mencapai 65,3 cm. Sedangkan bayi perempuan memiliki bobot sekitar 4, 6, 7 kg, dengan panjang tubuhnya yang mencapai 55,8 sampai 63,8 cm.

  1. Sudah Mulai Senang Bermain

Si kecil sudah mulai senang bermain, sehingga ia kerap memainkan tangannya dengan cara memasukkan kedalam mulut atau memukul-mukul tanpa arah yang jelas. Dalam hal ini, anda sebagai orangtua harus tetap mengawasi si kecil agar tidak terus-menerus menghisap jari-jarinya. Di samping itu, bayi yang berusia 3 bulan ini juga sudah bisa membuka dan menutup jarinya, memperhatikan keadaan sekitar, dan menyatukan kedua tangannya.

  1. Perkembangan Indera Peraba Bayi 3 Bulan

Tangan bayi sudah bisa merasakan berbagai jenis tekstur benda mulai dari yang lembut, kasar, berbulu, berongga, dan lain sebagainya. Selain itu, si kecil juga sudah bisa menggenggam sesuatu benda dengan genggaman yang kuat. Namun, anda juga jangan sampai lupa untuk tetap mengawasinya, sebab si kecil kerap memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya.

  1. Kakinya Sudah bisa Menendang-nendang

Di usianya yang ke 3 bulan, si kecil sudah bisa menjulurkan kakinya sambil menendang-nendang. Ya, hal itu dikarenakan sendi-sendi di bagian lutut dan pinggulnya sudah semakin fleksibel. Menendang juga merupakan salah satu cara untuk melatih kekuatan otot-ototnya. Saat si kecil sedang menendang-nendang, anda harus membiarkannya agar pertumbuhan dan perkembangan kakinya maksimal.

  1. Seolah-olah Mengerti Pada Pembicaraan Orang Lain

Fakta menarik berikutnya dari bayi yang berusia 3 bulan, yakni ia seolah-olah mengerti pada pembicaraan orang lain. Ya, saat si kecil diajak bicara, maka ia akan langsung menatap secara focus pada orang yang mengajaknya bicara sambil sedikit bergumam. Meski sebenarnya belum mengerti, namun ada baiknya jika anda untuk tetap terus mengajaknya bicara agar kemampuan kecerdasan otaknya semakin terasah. Selain itu, si kecil sudah bisa berceloteh seperti “nanana, tatata, bababa”.

  1. Sudah Bisa Mengenai Wajah Keluarganya

Ketika dalam kondisi ramai, si kecil sudah bisa mengenali orang-orang terdekatnya terlebih pada kedua orangtuanya. Saat anda menghampirinya, maka si kecil akan tersenyum sambil menggerak-gerakan tangannya. Dan ketika anda pergi, maka si kecil akan menangis dan menunjukkan ekspresi bahwa dirinya ingin digendong. Selain dapat mengenali wajah, bayi 3 bulan juga dapat mengenali keluarganya melalui suara. Tak hanya sampai disitu saja, si kecil tidak akan merespon pada orang-orang yang tidak dikenalinya, atau bahkan juga bisa menangis.

Itulah beberapa fakta yang unik dari bayi berusia 3 bulan. Apakah anda juga memiliki seorang bayi yang berumur 3 bulan?