Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Logam Mulia Secara Online

Emas atau logam mulia merupakan salah satu bentuk investasi yang cukup menjanjikan karena nilainya bisa menjadi lebih tinggi seiring dengan berjalannya waktu. Biasanya emas dibeli di toko-toko emas yang hampir selalu ada di setiap daerah di Indonesia karena begitu banyak orak yang berminat memiliki barang berharga ini. Akan tetapi ramainya pasar toko online mempermudah masyarakat untuk membeli emas tanpa harus datang ke toko emas melainkan cukup dengan melakukan beberapa klik di toko online. Anda patut waspada dan berhati-hati karena membeli emas secara online cukup berbahaya mengingat Anda tidak bisa melihat dan memeriksa sendiri barang yang akan dibeli. Lalu apa yang harus Anda lakukan dalam kondisi tersebut?

Meskipun klasik, bertemu langsung dengan penjual merupakan pilihan terbaik baik dari segi keamanan maupun agama. Jika Anda seorang muslim maka Anda wajib mengetahui bahwa membeli emas secara online dimana Anda tidak melihat barangnya secara langsung adalah haram. Emas merupakan suatu komoditi yang di dalam islam harus dibeli secara kontan dan langsung dari tangan ke tangan. Itulah kenapa membeli langsung di toko emas adalah jalan yang paling tepat. Pembelian emas secara online memiliki resiko kerugian yang cukup besar karena Anda tidak bisa melihat barangnya dan Anda diharuskan membayar terlebih dahulu baru emas kemudian dikirim ke alamat Anda.  Jika karena alasan tertentu Anda harus membeli emas secara online, maka pilihlah toko online yang menawarkan sistem COD atau bayar ditempat. Dengan menggunakan sistem COD, Anda tetap bisa membeli emas dengan transaksi secara langsung yaitu tangan ke tangan serta membayar di tempat setelah Anda melihat kondisi barangnya. Penting sekali bagi Anda untuk menerima secara langsung barang dari penjual atau perwakilannya dan membayarnya secara langsung begitu barang diterima karena emas merupakan sebuah barang dengan nilai yang cukup mahal. Jika Anda sampai terjebak penipuan maka kerugian yang didapatkan pastinya cukup besar.

Hampir sama dengan sistem COD, dalam hal ini Anda bisa mencari barang atau penjual emas secara online di search engine dan carilah yang terdekat dengan lokasi rumah Anda. setelah itu Anda bisa menghubungi dan bertanya-tanya mengenai barang tersebut baru kemudian melakukan kesepakatan untuk bertemu secara langsung guna melakukan akad jual beli. Jika tempat bertemunya tidak di rumah Anda, maka sangat disarankan Anda tidak pergi sendirian khususnya bagi perempuan. Dengan begitu Anda bisa langsung melihat barangnya dan membayarnya di tempat. Perlu diingat dan digarisbawahi bahwa yang menjadi permasalahan disini adalah emas merupakan barang yang harus dibeli secara kontan dan langsung dari penjual diserahkan dari tangan ke tangan. Dimanapun Anda menemukan penjualnya, entah online maupun offline, yang terpenting adalah Anda membayar transaksi hanya saat Anda sudah melihat secara langsung emas yang akan dibeli dan barang pun langsung diberikan kepada Anda saat itu juga begitu Anda selesai membayar. Anda pasti sudah memahami betul bahwa transaksi semacam itu tidak terjadi jika Anda membelinya secara online kecuali jika Anda menggunakan sistem COD. Jangan sampai terjerumus dosa dan kerugian hanya karena sebuah barang bernama emas. Lakukanlah transaksi sesuai aturan hukum yang berlaku agar pembelian yang dilakukan bisa memberikan berkah untuk Anda. Emas bukan barang yang bisa dengan mudah diperjualbelikan secara online, semua ada aturan dan batasan yang harus dipatuhi.