Ini Dia Tips Menggunakan Setelan Jas Pria Terbaik

Salah satu jenis busana yang biasa digunakan oleh kaum pria saat ini adalah setelan jas. Memang setelan jas ini hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja, khususnya untuk menghadiri acara  yang lebih formal, seperti untuk menghadiri acara pernikahan, wisuda, dan acara formal lainnya. Lalu bagaimana cara menggunakan jas pria terbaik itu? Untuk itu ,dalam artikel kali ini akan membahas tentang tips menggunakan setelan jas pria terbaik sebagai berikut ini :

  1. Perhatikan Bagian Lengan

Dalam hal ini, sebaiknya anda menggunakan jas dengan panjang lengan yang pas, artinya jangan menggunakan jas dengan lengan yang terlalu panjang maupun pendek. Karena menggunakan jas dengan panjang lengan yang pas bisa membuat penampilan anda seimbang. Cara untuk mengetahuinya, anda kenakan jas lalu perhatikan apakah bagian telapak tangan masih nampak terlihat atau tertutup.

  1. Pastikan Ukuran Yang Sesuai

Jas ini merupakan pakaian formal yang seharusnya memiliki ukuran yang pas dengan badan anda. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui ukuran tubuh sebelum anda memilih jas. Dalam hal ini, sebaiknya anda tidak menggunakan jas yang ketat atau longgar. Karena jika terlalu ketat, akan membuat anda kesulitan untuk bergerak. Sebaliknya, jika terlalu longgar akan membuat penampilan anda terkesan lebih culun. Untuk itu, anda dianjurkan memperhatikan detail jas pada bagian bahu, lebar dada, lebar pinggang, panjang lengan, serta panjang jas yang diukur dari bahu.

  1. Beranilah Berkreasi Dengan Dasi

Dasi ini merupakan salah satu elemen dalam busana formal yang biasanya digunakan dengan setelan jas. Ada beberapa jenis dasi dan dibedakan dari segi warna, bahan serta corak. Untuk dasi sendiri, anda bisa menggunakan dasi wol, dengan motif pin dot, atau bermotif garis-garis, dan dasi dengan kesan lebih playfull. Untuk motifnya, anda bisa menyesuaikan dengan warna kemeja dan jas yang akan digunakan. Untuk dasi yang bermotif, maka sebaiknya dipadu padankan dengan kemeja polos dan jas hitam untuk supaya penampilan anda terkesan seimbang. Namun sebaliknya, jika anda menggunakan jas bermotif, maka gunakan dasi polos dengan aksen mengkilap yang terbuat dari bahan licin seperti satin jika akan datang ke acara yang lebih formal. Sedangkan untuk acara non formal, anda bisa menggunakan dasi bermotif klub yang dipadukan setelan jas bersama sepatu kets supaya tampak lebih playful.

  1. Cocokkan Dengan Warna Sepatu

Dewasa ini banyak sekali orang yang memadukan sepatu kets dengan setelan jas. Hal ini boleh-boleh saja asal disesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Sedangkan untuk acara resmi, maka anda disarankan untuk mengenakan sepatu formal. Selain itu, anda bisa memilih sepatu yang sesuai dengan warna jas. Dalam hal ini, jika anda menggunakan setelan jas warna gelap seperti hitam, maka anda sebaiknya menggunakan sepatu berwarna gelap juga seperti hitam maupun coklat gelap. Namun sebaliknya, jika anda menggunakan jas warna terang seperti abu-abu, anda bisa menggunakan sepatu warna lebih mencolok seperti merah tua. Jika anda menggunakan jas dalam warna lebih lembut seperti krem, anda bisa menggunakan sepatu warna putih atau coklat muda supaya penampilan anda menjadi semakin modis.

  1. Setelan Jas Harus Panjang

Setelan jas ini berbeda dengan dengan blazer pria yang cenderung lebih pendek ketika digunakan. Untuk penggunaan jas, maka sebaiknya anda memilih jas yang bisa menutupi retsleting celana serta pantat anda. Selain itu, anda juga harus menggunakan model jas yang bisa mengikuti gerak serta lekuk tubuh anda dengan baik. Supaya jas anda lebih awet, anda bisa membuka kancing jas terlebih dahulu ketika akan duduk untuk mencegah jas tertarik dan mudah robek atau berubah bentuk.

Mungkin itu saja informasi tentang tips menggunakan jas pria, semoga bermanfaat.