Macam macam terapi penyakit

Dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuanpun berjalan seiring perkembangan jaman. Banyak penyakit baru muncul, demikian pula banyak metode pengobatan baru timbul. Oleh sebab itu, pada kesempatan inilah akan coba kita bahas tentang berbagai macam terapi unutk penyembuhan berbagai jenis penyakit.

Macam-macam terapi penyakit

    1. Terapi medis

Terapi yang mengedepankan metode pengobatan berdasarkan fakta dari pihak medis. Fakta yang menganalisa masalah kesehatan yang ditunjang oleh bukti-bukti nyata dari hasil pemeriksaan. Baik pemeriksaan darah, urine, feses, X-Ray, ECG, maupun sampel kulit. Untuk menentukan diagnosa yang tepat, kesemua jenis pemeriksaan tersebut haruslah akurat. Agar didapat satu kesimpulan yang mengarah pada satu jenis penyakit. Setelah ditegakkannya diagnosa, maka dapat ditentukan jenis pengobatan apa yang tepat.

    1. Terapi alternatif

Jenis terapi berdasarkan acuan pada keluhan pasien. Terapi alternatif ini banyak diminati masyarakat dikarenakan efek samping yang minimal. Biaya yang relatif lebih murah. Prosedur yang tidak berbelit-belit. Ada beberapa jenis pengobatan aternatif.
– Terapi herbal
Terapi yang mengandalkan keampuhan tumbuhan di alam sekitar kita. Biasanya dapat berupa jamu, minuman teh ataupun bumbu-bumbu yang biasa digunakan untuk memasak.
– Aroma terapi
Contoh dari aroma terapi ini adalah minyak lavender, dupa atau daun teh. Aroma terapi ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit, menenangkan pikiran dan melepaskan stress dan ketegangan serta menimbulkan efek relaksasi.
– Yoga
Disebut terapi alternatif karena dimaksudkan untuk menambah energi kesehatan tubuh, menyeimbangkan sistem dan fungsi tubuh yang mengalami kemunduran atau kerusakan. Selain itu pula dapat membantu tubuh dalam olah tubuh yang benar. Efek yang diharapkan adalah keseimbangan pola pikiran dan tubuh yang selaras dan sejalan.
– Terapi batu kristal