Mendalami Arti Sunnah Dalam Beribadah

Selamat siang sobat pembaca yang budiman semoga masih selalu sehat dan selalu mendapatkan RidhoNYA Amin, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit penjelasan mengenai pengertian dan arti sunnah didalam melakukan beribadah.

Banyak sekali jenis ibadah yang dapat kita laksanakan dari mulai yang wajib hingga yang sunnah, namun apakah kamu tau kalau sunnah juga sangat penting dalam menyempurnakan ibadah kita dan menambah derajat kita jika dilakukan dengan baik..?

Ya benar sekali ibadah sunnah dapat menyempurnakan ibadah wajib kita seperti contoh Sholat Hajat, Sholat tahajud, Sholat dhuha dan sholat sunnah yang lainnya, pada kali ini saya fokus kepada rangkaian sholat sunnah.

Arti Sunnah Dan Penjelasannya

Arti Sunnah Dan Penjelasannya

Untuk amalan sunnah lainnya nanti akan kita bahas pada kesempatan lainnya.

Sholat sunnah sangat di anjurkan untuk kita kerjakan, karena dengan kamu melaksanakan sunnah maka pahala yang kamu dapat akan dilipat gandakan menjadi lebih besar, siapa sih yang tidak menginginkan pahala yang besar untuk akhirat nanti…?

Baiklah kali ini kita membahas satu sholat sunnah dulu ya, saya ambil dari sholat sebelum dan sesudah sholat wajib, yang biasa disebut dengan sholat sunnah qobliah dan sholat sunnah ba’diah.

Apakah kamu sudah tau berapa rokaat pada setiap sebelum dan sesudah sholat fardhu…? di bawah ini rinciannya lengkap.

Rakaat Sholat Sunnah Qobliah

Isak : Sholat qobliah isak dapat dilakukan dengan 4 rokaat 2 salaman

Subuh : Sholat qobliah subuh dilaksanakan dengan 2 rokaat dengan 1 salaman

Dhuhur : Begitu juga sholat qobliah dhuhur dilakukan 4 rokaat dengan 2 salaman

Ashar : Qobliah ashar juga dilakukan 4 rokaat 2 salaman

Maghrib : Tidak ada sholat sunnah qobliah maghrib karena waktu tersebut dikharamkan untuk melakukan sholat sunnah, ada banyak alasan yang sudah di jelaskan di web-web lain silahkan cari dengan kata kunci waktu sholat yang dikharamkan.

Rakaat Sholat Sunnah Ba’diah

Isak : Ada 4 rokaat sholat sunnah ba’diah isak dengan 2 salam

Subuh : Tidak ada sholat sunnah ba’diah subuh karena waktu ini juga sama dengan waktu sebelum maghrin yaitu dikharamkan untuk melaksanakan sholat sunnah

Dhuhur : Ada 4 rakaat untuk sholat sunnah ba’diah dhuhur dengan 2 salam

Ashar : Begitu juga ashar sama dengan waktu sebelum maghrib dan sesudah waktu subuh dikharamkan untuk melakukan sholat sunnah khususnya

Maghrib : Ada 4 rakaat dalam sholat sunnah ba’diah maghrib dan 2 salaman.

Jadi jika kita total semua rakaat shalat sunnah ba’diah ada 12 rakaat dan untuk sunnah qobliah ada 14 rakaat maka semua totalnya ada 26 rakaat sholat sunnah yang perlu kita lakukan untuk menambah keimanan kita dan pahala kita.

Dengan melakukan sunnah maka kita akan diberikan kemudahan dalam segi apapun, baik didunia maupun di akhirat nanti, yuk sama-sama belajar untuk dapat mengikuti apa yang dilakukan oleh Rosul kita.

Yakin akan pahala dan derajat yang akan kita dapatkan, baiklah demikian sedikit ulasan mengenai arti sunnah pada kesempatan kali ini semoga bisa memberikan ilmu dan semoga bermanfaat.