Defibrillator : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Kalau anda pernah melihat seorang dokter mencoba menempelkan benda ke dada pasien yang dalam keadaan tak berdaya sehingga kemudian dia terhentak hingga akhirnya pasien kembali siuman. Itulah alat kesehatan yang disebut dengan alat kejut jantung atau Defibrillator.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai alat defibrillator. Apa itu defibrillator ? bagaimana fungsinya ? cara kerjanya, dan mengapa alat ini termasuk dalam alat kesehatan yang dibutuhkan secara darurat atau emergency. Yuk kita simak dalam pembahasan berikut.

Pengertian Defibrillator

alat defibrillator

Kalau kita merujuk pada makna kata “defibrillator” berasal dari kta “fibrillasi” yang artinya getaran. Defibrillator merupakan alat yang berfungsi untuk menggetarkan kembali jantung pasien yang shock karena terkena serangan jantung atau sering disebut dengan “fibrilasi ventrikel”. Dalam kondisi ini jantung bergetar secara cepat dan acak namun tidak mampu memompa darah.

Cara Kerja Defibrillator

Sistem kerja defibrillator sebenarnya cukup simpel namun begitulah berharganya sebuah penemuan yang dapat berguna untuk kepentingan seluruh umat manusia. Defibrillator bekerja dengan menggunakan baterai. Dari baterai tersebut diperoleh energi listrik yang kemudian akan digunakan untuk menstimulus detak jantung pasien yang mengalami gangguan.

Jenis Defibrillator

Dipasaran, kita mengenal ada beberapa jenis alat defibrillator. Fungsinya sama, hanya berbeda di fitur dan cara kerjanya. Ada dua jenis yaitu Defibrillator otomatis atau yang sering disebut dengan AED. Dan ada juga defibrillator manual atau defibrillator monitor. Perbedaan terletak pada sistem perubahan energi atau sering energi yang akan diberikan pada pasien. AED bersifat otomtis dan kita tidak bisa melakukan seting manual, sedangkan untuk defib manual kita bisa sering energinya secara manual.

Harga Defibrillator

Tahukah anda berapa harga defibrillator di pasaran ? Berdasarkan sumber yang kami dapat dari salah satu toko defibrillator di Indonesia. Kisaran harga defibrillator AED yaitu antara 34 juta hingga 60 juta. Namun untuk defibrillator manual atau monitor bisa lebih mahal lagi, bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Nah itulah sedikit banyak ulasan singkat yang bisa saya bagikan kehadapan anda tentang alat defibrillator. Sejauh dan sebatas pengetahuan saya, mungkin masih banyak hal lain yang bisa kita ketahui dari alat ini. Sekian, semoga bermanfaat untuk anda sekalian !