Mengenal Rumah Adat Riau

Mengenal Rumah Adat Riau

Walaupun bukan tempat tinggal serta berbentuk balai, rumah selaso jatuh kembar mempunyai beberapa bagian-bagian ruangan. 3 sisi pentingnya yaitu, selasar (selaso), ruangan utama serta dapur. Penyebutan selaso jatuh kembar merujuk pada dua selaso penting yang dipunyai rumah adat ini dengan ketinggian yang tidak sama. Menurut situs kontraktor rumah terbaik pembagian selaso dibagi jadi tiga ruang sesuai tempatnya. Pertama, selaso depan yang tidak terkait dengan rumah utama yang terhubung dengan tangga serta mempunyai ketinggian selaso yang sama seperti selaso jatuh. Ke dua, selaso jatuh menjadi penghubung selaso depan dengan ruangan utama serta mempunyai ketinggian lebih rendah dari ruangan utama. Sedang yang ke-tiga yaitu selaso dalam menjadi lantai rumah utama.

walaupun di pilih menjadi rumah adat resmi Riau, rumah adat selaso jatuh kembar tidak dipakai sebagai rumah masyakarat saat itu, akan tetapi digunakan menjadi balai adat. Oleh karenanya rumah adat salaso jatuh kembar dimaksud juga balai selaso jatuh. Menjadi balai adat, selaso jatuh kembar rutin digunakan menjadi tempat bermusyawarah, berdiskusi atau rapat lewat cara adat. Balai selaso jatuh kembar ini sudah sulit diketemukan keberadaannya sebab fungsinya cuma untuk balai adat saat itu, mulai dibiarkan penduduknya serta seringkali digunakan menjadi balai serbaguna serta panggilannya dibuat sama dengan pemanfaatannya, salah satunya Balairung Sari, Balai Pengobatan, Balai Kerapatan, serta yang lain. Tiruan balai selaso jatuh bisa disaksikan di taman mini Indonesia indah anjungan Riau. Akan tetapi rumah adat ini cuma mempunyai satu selaso depan hingga disebut Balai Selaso Jatuh Tunggal.

kontraktor rumah terbaik

Menurut situs kontraktor rumah terbaik ciri rumah selaso jatuh kembar menjadi balai adat ialah terdapatnya ruangan penting yakni berbentuk ruang luas yang terdiri jadi tiga ruang akan tetapi tanpa ada sekat pemisah, yakni ruangan muka, ruangan tengah serta ruangan dalam. Namun, sekarang ini banyak balai selaso yang ruangan utamanya dibagi jadi beberapa ruang, salah satunya ruangan dengan ukuran besar menjadi ruangan pertemuan, ruangan penyimpanan benda adat ataupun peralatan tari serta alat musik, serta ruangan tidur menjadi tempat peristirahatan sesaat. Sisi paling akhir yakni dapur atau telo yang ada dibagian belakang rumah. walaupun ada ketidaksamaan dalam pembagian ruangan, balai selaso jatuh kembar ini mempunyai susunan rumah pada umumnya yakni mempunyai atap, tiang, jendela, pintu, dinding, lantai, dan tangga sebab bentuk bangunannya yang berbentuk rumah panggung.