Menjajal Peruntungan Usaha Yang Laris di Kampung, Apa Ya?

Untuk memulai usaha yang laris dikampung, memang sedikit lebih tricky ya. ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan. Bukan semata demi keuntungan pribadi, namun juga memperhitungkan kemampuan dan kebutuhan warga sekitar. Jangan sampai, Anda jadi seperti menabur garam dilautan. Karena tak akan berhasil.

Sebenarnya, peluang untuk membuka usaha dikampung, sama dengan peluang membuka usaha di kota. Kejelian dalam melihat peluang usaha adalah yang utama. Jangan dikira, warga dikampung tak memiliki daya beli yang sama dengan orang kota.

Namun, karena warga kampung lebih mengedepankan kebutuhan, maka Anda pun harus mempertimbangkan hal tersebut. Lalu, bagaimana caranya agar usaha dapat laris dan berhasil dikampung?

Riset Kecil-Kecilan, Apa yang Paling Dibutuhkan Warga Kampung

Setiap perkampungan, pasti memiliki satu mata pencaharian warga yang mendominasi. Misalkan, nelayan, petani, pedagang, dan semacamnya. Nah, Ada dapat memulai usaha dengan menyipakan segala kebutuhan profesi warga kampung. Misal, jika Anda tinggal dikampung nelayan, Anda dapat menjual  jaring, keranjang ikan, timbangan, dan semacamnya.

Namun, jika Anda Anda tinggal dikampung yang didominasi oleh petani, Anda dapat membuka toko khusus untuk menjual alat-alat pertanian, pupuk, caping dan sebagainya. Atau, Anda dapat membuak warung kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti sembako, yang dilengkai dengan kebutuhan profesi yang banyak digeluti oleh masyarakat sekitar.

Buka Usaha Yang Sesuai Dengan Hobi

Bekerja sesuai hobi, memang menyenangkan. Selain mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan batin, juga dapat menghasilkan materi. Beberapa hobi yang dapat dikembangkan menjadi peluang usaha dipedesaan atau kampung adalah ternak.

Nah, Anda yang hobi memelihara hewan, Anda dapat mengembangkannya menjadi sebuah usaha peternakan. Seperti ternak ayam, kambing, sapi, ikan, dan burung.

Ternak ayam dan ikan sangat menjanjikan. Keduanya merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh masyarakat. Masa panennya pun tak butuh waktu lama.

Jika Anda ingin memelihara hewan ternak yang tidak ribet, Anda dapat memelihara ayam kampung, yang lebih mudah dalam hal perawatannya. Cukup diumbar, dan diberi makanan khusus sekali saja, dalam sehari.

Ayam kampung dapat menjadi usaha yang laris dikampung. selain dagingnya dapat diolah menjadi kudapan yang lezat, yang biasa digunakan selametan atau perayaan khas tradisi tertentu dinkampung, telurnya juga sangat bermanfaat untuk dijadikan jamu.

Jadi, selama Anda jeli dan mampu membaca peluang, baik di kota maupun dikampung, semua potensial untukan lahan usaha yang menguntungkan kok.