Mengetahui Penyebaran Tupai Terbang

Tupai ini lazimnya berkembang biak dalam kurun waktu setahun sekali dan lazimnya juga hanya pada pertengahan tahun (kisaran bulan Mei atau Juni).

Masa kehamilan seekor tupai jenis terbang berkisar 40 hingga 43 hari dan dapat melahirkan 2 hingga 6 ekor sekalian, induk betina akan melindungi buah hati-si kecilnya hingga kapabel meninggalkan sarang mereka sendiri, tetapi pejantan tidak mengurusnya.

Di Indonesia sendiri, tupai terbang atau flying squirrel penyebarannya cukup luas, semisal ialah tupai terbang Sumatera yang mendiami hutan di Sumatera yang dikenal dengan nama Hylopetes Winstoni.

Penyebaran Tupai Terbang

Menurut sumber. Bayi tupai jenis ini terlahir tanpa bulu, kulit merah tipis, berat 4-6 gram, panjang sekitar 60mm dan matanya tertutup. Setelah berjalan 2 pekan, lazimnya berat akan bertambah. Itu seterusnya hingga pada pekan-pekan selanjutnya mereka akan mulai berlatih melompat dan melayang.

sugar glider

Sugar Glider bukan Tupai Terbang | via masjawa.com

Setelah berjalan 7 pekan, artinya telah waktunya untuk flying squirrel ini meninggalkan safe zonenya dan mengetahui dunia luar yang kejam. Permulaan seekor tupai berhasil melompat mungkin hanya sekitar 2 meter, itupun mereka masih belajar, butuh waktu 1 tahun untuk seekor tupai dapat mandiri terhitung dari bulan kelahirannya.

Untuk sahabat-sahabat tupai lover, berikut anjuran aku untuk membedakan antara hewan lucu yang satu ini dengan sugar glider, jaga-jaga saja supaya sahabat-sahabat tidak mengalami nasib sama seperti aku sewaktu dahulu.

Adapun perbedaan antara tupai terbang dan sugar glider ialah:

  • Sugar glider mempunyai ciri khusus berupa garis berwarna hitam dari ujung kepala hingga ekor, meski TupTer tidak, meski keduanya mempunyai warna dasar keabu-abuan yang kontras.
  • Dari wajah, TupTer mempunyai wajah mirip bajing kelapa meski GS lebih mirip ke hewan kuskus.
  • Dari ekornya, SG seakan membulat dan naik ke atas meski TupTer mengembang dan datar saja.
  • Dari harga, SG lebih mahal daripada TupTer
  • SG mempunyai kelenjar bau, jadi bagi sahabat-sahabat yang umum cobalah mengecupnya sedikit

Kekeliruan aku dahulu ialah hanya dengan melihatnya saja dan tau bahwa hewan hal yang demikian dapat terbang, tetapi terbukti yang aku peroleh bukanlah tupai terbang tetapi sugar glider.