Tips Buka Toko Alat Tulis

Kegiatan berbelanja alat tulis tidak perlu dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukannya beberapa kali saja dalam seminggu atau setiap ada barang yang stoknya sudah habis. Membuka toko perlengkapan alat tulis tidak membutuhkan keahlian khusus seperti usaha lainnya.

Sebab yang dibutuhkan untuk usaha ini hanyalah modal, keberanian dan aksinya saja. Contoh usaha yang membutuhkan skill khusus antara lain, membuka toko kue, rumah makan, kafe dan restoran. Tentunya, usaha-usaha ini membutuhkan tangan-tangan yang ahli dalam meracik makanan.

Nah, jika Anda sudah yakin untuk merintis usaha ini, maka sebaiknya Anda membaca ilmu bisnis agar usaha Anda berjalan dengan lancar. Ada beberapa tips yang bisa dijalankan agar toko alat tulis kantor yang baru Anda rintis, laris manis setiap harinya.

Pilih Lokasi yang Strategis

Agar toko selalu ramai dikunjungi pembeli, Anda harus jeli dalam memilih lokasi. Salah memilih lokasi, toko Anda akan sepi pembeli hingga akhirnya merugi. Carilah toko sewaan yang berada di sekitar area sekolahan, universitas atau kantor pemerintahan.

Potensi untuk mendapatkan keuntungan di area-area tersebut sangatlah besar. Mengingat bahwa di tempat itulah orang-orang sangat memerlukan alat perlengkapan menulis. Selain alat tulis, Anda juga bisa membuka jasa photo copy dan print yang membuat toko alat tulis Anda semakin berkembang.

Lengkapi Barang

Meskipun toko  Anda kecil, usahakan agar barang yang dijual semuanya tersedia dengan lengkap. Isilah toko Anda dengan buku tulis, pulpen, pensil, penghapus, penggaris, kertas HVS, kertas polio, kwitansi, nota, materai dan yang lainnya. Jika ada mesin fotocopy, aturlah toko Anda agar lebih leluasa.

Tidak Perlu Banyak Stok

Menyetok barang dengan jumlah yang banyak akan membuat Anda terlambat mendapatkan informasi update mengenai harga baru. Lebih baik membeli barang dalam jumlah yang sedikit, sehingga barang cepat habis dan Anda cepat meraih keuntungan. Terlalu banyak stok juga akan memakan ruang toko Anda.

Letakan Dalam Etalase

Letakkanlah barang dagangan Anda ke dalam etalase agar tidak cepat kotor dan berdebu. Pembeli juga akan lebih mudah memilih dan mencari barang yang mereka inginkan. Kendati demikian, Anda harus tetap ramah dan menjawab setiap pertanyaan dari pembeli.

Cari Supplier dengan Harga Murah

Anda harus pintar mencari suplier yang menawarkan harga lebih murah supaya bisa mengambil keuntungan yang lumayan. Banyak toko-toko online yang menjual stok alat tulis. Bandingkan dulu harganya dan ambil yang termurah sehingga Anda tetap bisa mengambil untung.

Cepat dan Ramah Dalam Layani Pembeli

Pelayanan yang baik dan ramah dapat memberikan nilai tambah pada usaha alat tulis Anda. Pembeli tentunya akan merasa nyaman saat berbelanja alat tulis di tempat Anda karena pelayanan yang diberikan telah memuaskan mereka. Apalagi jika berjualan di sekolahan yang banyak anak-anaknya.

Tambahan Barang Selain Alat Tulis

Seiring dengan waktu, tambahkanlah barang-barang Anda selain alat tulis yang berpotensi laku dengan cepat. Tambahkan juga barang-barang lainnya di toko Anda supaya barang apapun yang dicari pembeli selalu ada. Contoh barang dagangan lainnya yang cocok disandingkan dengan alat tulis adalah rokok, pulsa, minuman dingin, print dan fotocopy.

Sebagai tips tambahan agar barang cepat laku, Anda juga bisa menjual perlengkapan alat tulis secara online. Di sana juga bisa mempromosikan barang-barang tersebut di media sosial pribadi, situs jual barang bekas dan juga di situs marketplace.