Tips Memilih Perusahaan Terbaik Untuk Investasi Saham

Saham adalah sebuah aset berharga yang di miliki oleh para investor (orang yang melakukan investasi) pada sebuah perusahaan dimana mereka berinvestasi. Besaran nilai saham yang di miliki oleh setiap investor sangat lah berbeda. Karena besar atau tidaknya sebuah nilai saham tergantung dengan jumlah modal awal yang di setorkan oleh para investor ini.

Perkembangan modal atau saham yang sudah di tanamkan di dalam sebuah perusahaan ini bergantung pada beberapa hal. Seperti nilai tukar mata uang, harga saham di pasar saham, dan yang paling menentukan dari tinggi tidaknya keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari saham yang Anda beli tadi adalah kinerja perusahaan.

Tips Memilih Perusahaan Terbaik Untuk Investasi Saham

Karena kinerja perusahaan merupakan faktor penentu terbesar dari tinggi atau rendahnya keuntungan yang bisa Anda dapatkan maka menentukan perusahaan mana yang akan Anda pilih juga menjadi hal yang penting. Sebab jika Anda salah memilih perusahaan maka bukan keuntungan yang Anda dapatkan namun justru kerugian. Adapun tips memilih perusahaan untuk investasi saham adalah:

1. Menggunakan analisis fundamental

Analisis fundamental merupakan sebuah analisis yang menentukan perusahaan yang akan di gunakan sebagai tempat penanaman saham dengan menggunakan analisis mendasar dan tentu saja lengkap. Biasanya analisis ini berisikan tentang informasi dasar dari perusahaan baik itu berupa jumlah nilai yang di miliki oleh perusahaan tersebut maupun bagaimana kinerja perusahaan selama ini.

Tahapan awal yang bisa di lakukan adalah dengan mengumpulkan jenis saham-saham mana yang mempunyai kelayakan untuk di jadikan investasi jangka panjang. Tahapan awal ini bisa di lakukan dengan cara top down yaitu meneliti atau menganalisis perusahaan melalui kondisi ekonomi makro, sektor industri, sampai perusahaan. Ataupun juga bisa dengan cara sebaliknya yang biasa di sebut sebagai buttom up.

Biasanya perusahaan publik yang di kenal baik oleh masyarakat sudah menyertakan laporan sahamnya yang bisa di akses secara bebas oleh masyarakat luas. Namun hal ini di rasa belum cukup bagi investor sehingga Anda harus melakukan penelitian yang lebih mendalam. Unsur finansial yang perlu diperhatikan, misalnya pendapatan per saham, nilai buku ekuitas, nilai buku saham, ataupun rasio pengeluaran. Dari semua unsur tersebut kemudian akan di temukan bagaimana kondisi saham baik ataukah tidak.

2. Analisis teknikal

Tidak hanya analisis fundamental Anda juga bisa menggunakan analisis teknikal untuk menentukan apakah perusahaan yang akan Anda jadikan investasi tersebut memang layak dan menjadi perusahaan terbaik ataupun tidak. Namun akan lebih baik Anda menggunakan jasa kami karena kami akan membantu menentukan saham di perusahaan mana yang bisa sangat menguntungkan.

Analisis teknikal merupakan sebuah analisis saham yang menggunakan data historis dari perusahaan tersebut. Data historis ini berisikan tentang informasi lengkap seputar perusahaan seperti perubahan harga saham, volume perdagangan, dan indikator pasar lainnya. Biasanya analisis teknikal di gunakan untuk menentukan bursa saham, bursa komoditas, atau pasar lainnya yang dipengaruhi permintaan dan penawaran.

Dengan mengetahui harga saham berdasarkan dengan data yang sudah ada dan di sediakan perusahaan maka Anda akan lebih mudah menentukan apakah perusahaan tersebut cocok ataupun tidak untuk Anda gunakan sebagai lahan investasi. Seperti yang kita ketahui jika perusahaan yang Anda gunakan tepat maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga lebih besar. Anda bisa menggunakan teknik teknikal maupun fundamental tadi.