Tips Menjaga Kesehatan Tenggorokan Secara Alami

Tips menjaga kesehatan tenggorokan – Tenggorokan merupakan jalur yang menghubungkan mulut, hidung, kerongkongan serta trakea. Tenggorokan bukan hanya penting bagi sistem pencernaan melainkan juga sistem pernafasan. trulum Sebagai sistem pernafasan tenggorokan kita berfungsi sebagai saluran pernafasan atau respirasi. Sementara sebagai sistem pencernaan tenggorokan kita akan berfungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman agar tidak masuk ke dalam sistem pencernaan.

Pada dasarnya masing-masing organ pada manusia tanpa kecuali memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Satu saja organ tubuh merasa sakit atau mengalami gangguan biasanya organ lain juga akan merasakannya efeknya. Begitu juga dengan tenggorokan manusia. Saat tenggorokan kita mengalami sakit sistem pencernaan dan pernafasan yang berhubungan dengan tenggorokan pun akan merasakan dampaknya. Sakit tenggorokan pada umumnya terjadi karena infeksi bakteri ataupun virus yang terdapat pada saluran pernafasan bagian atas, dan lebih sering menyerang anak-anak. Gejala utama yang paling umum adalah terasa sakit pada saat menelan. Selain itu juga bisanya akan disertai dengan pembesaran pada leher, amandel yang membesar akibat peradangan, batuk, gatal di tenggorokan dan sakit kepala.

Tips Menjaga Kesehatan Tenggorokan

Tentu saja fungsi tenggorokan sangat penting, sehingga kita mengharapkan kondisi tenggorokan kita tetap sehat. Ada beberapa tips menjaga kesehatan tenggorokan yang mungkin perlu Anda ketahui. Antara lain:

  1. Jaga Selalu Kebersihan Tangan.

Untuk mencegah kemungkinan masuknya berbagai kuman penyebab infeksi, seperti flu atu sebagainya maka jaga selalu kebersihan tangan Anda terutama saat hendak makan. Ataupun setelah melakukan berbagai aktifitas dan memegang benda-benda yang mengandung banyak kuman.

  1. Hindari Kontak dengan Penderita Saluran Nafas.

Salah satu penyebab infeksi saluran nafas adalah penularan dari virus atau bakteri dari orang yang menderita saluran pernafasan. Penulara tersebut sangat mudah, apalagi pada anak-anak. Maka sebisa mungkin hindarilah kontak langsung dengan penderita saluran nafas.

  1. Kurangi dan Hindari Asap rokok.

Tips menjaga kesehatan tenggorokan  yang selanjutnya adalah dengan tidak kurang-kurang peringatan yang mengingatkan bahaya asap rokok. Mungkin karena efek buruk yang ditimbulkan asap rokok adalah dalam jangka waktu yang lama, maka orang cenderung menyepelekannya. Padahal zat dalam rokok mengandung senyawa yang bisa merusak selaput mukosa pada tenggorokan. Asap rokok juga bisa memicu produksi dahak berlebih. Hal ini tentunya memudahkan mudahnya bakteri bersarang dalam saluran pernafasan.

  1. Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut.

Gigi dan mulut juga berperan dalam menjaga kesehatan tenggorokan kita. Berbagai kuman dan bakteri banyak bersarang di mulut terutama dari sisa makanan yang kita konsumsi. Maka sangat dianjurkan untuk selalu menggosok gigi ataupun berkumur agar kondisi mulut dan tenggorokan kita pun selalu dalam keadaan sehat.

  1. Jaga Kondisi Tubuh.

Kondisi tubuh akan terjaga dengan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, konsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan sebagainya akan sangat membantu tubuh selalu bugar dan terjaga setiap hari.

  1. Bersihkan Rumah.

Debu menjadi salah satu faktor utama gangguan pernafasan kita. Maka usahakanlah tempat tinggal kita selalu bersih dari debu sehingga udara yang kita hirup benar-benar bersih.

Namun jika Anda terlanjur menderita sakit pada tenggorokan, maka beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk sebagai salah satu tips menjaga kesehatan tenggorokan, antara lain dengan: meminum minuman hangat dan konsumsi makanan lunak, berkumur dengan air garam atau antisptik, perbanyak meminum air putih, perbanyak istirahat atau dengan mengisap permen pelega tenggorokan.